Bagaimana Cara Meramal Tinggi Badan Anak

Faktor genetik memang menentukan dalam meramal tinggi badan anak, Namun faktor lingkungan juga memiliki pengaruh penting.

Tinggi badan ayah dan ibu ternyata dapat digunakan untuk meramal tinggi badan anak. Simaklah cara memperkirakan dan memaksimalkan tinggi badan anak berikut ini.

Potensi tinggi badan anak dapat diukur berdasarkan rumus tertentu. Untuk anak perempuan, rumusnya adalah tinggi ayah dikurangi 13 cm, ditambah tinggi ibu, kemudian dibagi dua. Hasilnya kemudian ditambah atau dikurangi 8,5 cm. Misalnya jika tinggi ayah 157 cm dan tinggi ibu 149 cm, maka berdasarkan rumus di atas, potensi tinggi badan anak perempuan adalah 138-155 cm. Pada anak laki-laki, rumusnya tinggi badan ayah ditambah tinggi ibu. Hasilnya lalu ditambah 13 kemudian dibagi 2. Hasilnya kemudian ditambah atau dikurangi 8,5 cm.

Tak cuma faktor genetik

Namun menurut dr.Aditya Suryansyah, SpA, spesialis anak dari RSIB Harapan Kita Jakarta, bukan berarti orangtua yang berperawakan pendek otomatis memiliki anak yang akan bertumbuh pendek pula. “Selain faktor genetik, ada juga faktor pendukung tinggi badan anak,” katanya.

Faktor pendukung yang membantu proses pertumbuhan tinggi badan anak antara lain faktor gizi, hormonal, kesehatan secara umum, dan kebiasaan berolahraga. Tinggi badan anak yang di bawah standar (stunting) bisa menjadi indikasi adanya gangguan gizi atau penyakit kronis yang ia derita. Pemantauan tinggi badan anak sebaiknya dilakukan secara rutin sehingga jika ada gangguan pertumbuhan, bisa diketahui sedini mungkin.

Jika anak masuk dalam kriteria stunting, berkonsultasilah kepada dokter untuk mencari penyebabnya. Pada anak yang belum mengalami pubertas, biasanya tinggi badan masih dapat dipacu. “Bila ada gangguan pada hormon pertumbuhan dan epifisis tulang belum menutup, maka pemberian hormon pertumbuhan bisa membantu meningkatkan postur tubuh anak,” katanya.

eLeMeN adalah metode menambah tinggi badan yang sangat efektif, berproses dari luar dan dalam tubuh manusia. Dari luar tubuh dengan menggunakan Alat Terapi eLeMeN dilanjutkan dengan Senam Pilates dan dari dalam tubuh dirangsang dengan Susu Kedelai eLeMeN. Hasil yang didapat bersifat permanen karena pertambahan tinggi badan menggunakan eLeMeN adalah proses terapi alami yang bersifat konsisten dan terus menerus, menyesuaikan dengan pertumbuhan tulang manusia tanpa menimbulkan efek samping. Mencegah Bungkuk Udang, Lordosis, Kifosis dan Skoliosis yang disebabkan posisi salah ketika duduk dan tidur. Dengan melakukan terapi eLeMeN, tulang Anda akan menjadi lebih sehat, kuat dan mencegah dari kerapuhan tulang atau osteoporosis di kemudian hari.

pesan

Advertisements
Bagaimana Cara Meramal Tinggi Badan Anak

Beri Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s